Senin, 04 Mei 2020

Catatan Tentang Kurikulum


1.      Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
2.      Penerapan kurikulum itu bersifat dinamis, agar dapat mengikuti perkembangan dan tantangan zaman, dan dilakukan secara terarah, tidak asal asalan. Sesuai dengan kondisi negara, kebutuhan masyarakat, dan berbagai perkembangan. Secara lokal di sekolah, harus disesuaikan dengan kondisi di sekolah.
3.      Kurikulum mencakup 5 hal,
a.       tujuan;
b.      materi;
c.       strategi, pembelajaran;
d.      organisasi kurikulum
e.       evaluasi
4.      Kurikulum agar berkembang di sekolah yaitu seluruh stake holder harus selalu meningkatkan diri, dan mengikuti perkembangan.
5.      Kurikulum merupakan jantung sekolah karena dalam menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi kurikulum selalu melibatkan seluruh komponen pendidikan yang lain (Standar Nasional Pendidikan). Sehingga kurikulum yang baik, akan ikut membuat komponen yang lain juga baik, misal standar isi, proses, standar kompetensi lulusan, pengelolaan, pembiayaan, sarpras, penilaian, ptk (komponen akreditasi).
6.      Harus ada tim yang baik untuk melakukan penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karena luasnya lingkup kurikulum maka tidak mungkin dapat diselesaikan sendirian.


1 komentar:

Tolong tuliskan komentar dengan bahasa yang sopan