1. Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan
sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu
2.
Penerapan kurikulum itu bersifat dinamis, agar dapat
mengikuti perkembangan dan tantangan zaman, dan dilakukan secara terarah, tidak
asal asalan. Sesuai dengan kondisi negara, kebutuhan masyarakat, dan berbagai
perkembangan. Secara lokal di sekolah, harus disesuaikan dengan kondisi di sekolah.
3. Kurikulum
mencakup 5 hal,
a. tujuan;
b. materi;
c. strategi, pembelajaran;
d. organisasi kurikulum
e. evaluasi
4. Kurikulum
agar berkembang di sekolah yaitu seluruh stake holder harus selalu meningkatkan
diri, dan mengikuti perkembangan.
5. Kurikulum
merupakan jantung sekolah karena dalam menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi
kurikulum selalu melibatkan seluruh komponen pendidikan yang lain (Standar
Nasional Pendidikan). Sehingga kurikulum yang baik, akan ikut membuat komponen
yang lain juga baik, misal standar isi, proses, standar kompetensi lulusan,
pengelolaan, pembiayaan, sarpras, penilaian, ptk (komponen akreditasi).
6. Harus
ada tim yang baik untuk melakukan penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karena
luasnya lingkup kurikulum maka tidak mungkin dapat diselesaikan sendirian.
test
BalasHapus