Senin, 01 September 2014

Manfaat Air Putih Bagi Penderita Asam Urat

Banyak manfaat air putih bagi penderita asam urat. Di Jepang, tren minum air putih setelah bangun tidur telah menjadi kebiasaan di sana. Orang Jepang percaya bahwa dengan minum air putih 1,5 liter setelah bangun bagi dapat mengurangi gangguan penyakit yang diderita, termasuk penyakit asam urat. Artikel berikut akan membahas mengenai manfaat air putih bagi penderita asam urat.


Hubungan air putih dengan asam urat

Seperti yang diketahui bahwa ketika melakukan aktivitas maka cairan di dalam tubuh akan berkurang. Jika cairan di tubuh berkurang, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini akan menyebabkan meningkatnya kadar asam urat di dalam darah. Hal ini disebabkan cairan darah yang berisi kadar asam urat semakin kental akibat kadar air yang semakin berkurang.
Di samping itu, perlu untuk diketahui bahwa minum air putih secara teratur dapat memurnikan tubuh manusia. Dengan banyak meminum air putih maka dapat membuat kinerja usus menjadi lebih efektif. Dengan efektifnya kerja usus, maka penyerapan gizi makanan akan berjalan dengan baik. Kemudian dengan adanya mucousal fold pada usus, gizi makanan akan diubah menjadi sel darah baru. Dengan terbentuknya sel darah baru, maka sel-sel darah lama akan tergantikan sehingga keluhan berbagai penyakit dapat disembuhkan termasuk penyakit asam urat.

Terapi air bagi penderita asam urat

Untuk pengobatan asam urat dengan terapi air dibutuhkan waktu minimal 2 hari dengan terapi air. Adapun terapi air bagi penderita asam urat, yaitu :
  1. Ketika bangun tidur di pagi hari, minumlah 1,5 liter air putih, yaitu antara 5 – 6 gelas. Sebaiknya air tersebut ditakar terlebih dahulu sebanyak 1,5 liter. Setelah itu baru dapat mencuci muka dan menggosok gigi.
  2. Sebaiknya jangan minum atau makan apapun 1 jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air putih tersebut agar air putih yang telah masuk di dalam tubuh bekerja membersihkan organ di dalam tubuh.
  3. Selain itu jangan minum minuman beralkohol pada malam sebelumnya.
  4. Jika perlu gunakan air yang dimasak terlebih dahulu kemudian disaring dengan kain halus.
Bagi yang baru pertama kali mencoba minum 1,5 liter air putih sekaligus akan terasa berat. Apalagi akan mengalami buang air kecil sebanyak 2-3 kali dalam 1 jam sebagai permulaan, namun lambat laun akan normal kembali. Sebagai tips, minumlah 4 gelas air pertama terlebih dahulu, setelah ± 2 menit kemudian minum 2 gelas air minum sisanya.
Agar terapi air putih ini bekerja lebih cepat menyembuhkan penyakit asam urat, lakukan terapi air ini 3 kali sehari, yaitu pagi, siang, dan malam. Minumlah air putih 1 jam sebelum makan selama 1 minggu, setelah itu 2 kali sehari sampai keluhan penyakit sembuh.
Demikian sekilas mengenai manfaat air putih bagi penderita asam urat. Semoga artikel ini dapat mengingatkan untuk selalu minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari serangan berbagai penyakit.
http://artikelkesehatanwanita.com/manfaat-air-putih-bagi-penderita-asam-urat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tolong tuliskan komentar dengan bahasa yang sopan